Monday, October 21, 2013

#RandomPost : 3 Bulan Jadi Supervisor

langsung aja...

selama bulan-bulan ini, masa magang meskipun gue bukan mahasiswa tingkat akhir yg job trainning cuman gue suka jadi pegawai asongan aja...

dari perusahaan ke perusahaan, atau dari mbak gue yang dosen....

kali ini gue ngikut magang di mbak gue, ya itung-itung sebelum gue ditawarin masa job tre beneran sama orang tua gue.

disini ada hal janggal yang menurut gue gila, iya gila....

dibalik projek konsultan PR nya mbak gue, gue ditempatin jadi SPV atau Supervisor, tugasnya yang nilai budaya kerja dari sudut pandang humas, kalo gue liat SPV yang lain kayaknya mereka udah expert banget dalam kerjaannya masing-masing, dan gue masih mahasiswa semester 5, meskipun kata mbak gue, pengalaman gue yg udah overloaded sayang kalo harus angus di atas meja kulah...

mbak gue bilang "kamu sekali-kali cabut aja ikut ke Jakarta." ya awalnya enak ngomong begitu, tapi gue mikir semester 5 itu kayak elo berdiri di sebuah gerbang dimana ada 2 pilihan yang harus elo pilih dengan sangat hari-hati...

pilihan yang pertama : elo jadi anak kuliahan, fokus di kampus sambil ngerjain semua tugas kuliah, tp skill elo hanya sebates di atas meja kuliah.

atau

pilihan yang kedua : elo sibuk kerja ninggalin bangku kuliah meskipun gak sampe seluruh semester, paling bolos 1-2 kali aja. dan elo keluar dari zona nyaman lalu elo ikutan gulat sama orang-orang kerja di luar sana.

well, berat emang tapi sejujurnya ini seru. pendewasaan diri elo bakal ketauan kalo elo berhasil milih nomer 2.

back to magang story.

disini kerja gue ternyata gak berat, cuman sekedar ngerekap apa yang karyawan lakukan, dan pendekatan komunikasi emang penting abis, salah bahasa atau omongan sedikit pasti mood mereka down, maklum aja kerja mereka kadang sehari bisa sampe jam 8 malem. dan gue ngerasain kok gimana rasanya jadi manusia pekerja di Jakarta terutama.

gue harus nutupin latar belakang gue, ya meskipun mereka taunya gue itu sarjana muda hehehehe....

tapi punya banyak kenalan darimana aja itu seru, dari berbagai umur.

Rabu besok masa gue perpisahan, masa project nya abis, dan balik lagi ke bangku kuliah, meskipun gue harus balik ke jakarta terus dan gak sempet ikut rapat HIMA, tp ini lebih dahsyat lagi, you must try.

seperti kata pakde gue, "Mus, kamu itu masih malu-malu padahal kalo kamu agak sedikit agresif pakde yakin kamu bisa kok, yang harus kamu inget itu orang pemalu atau orang yg diem aja, cuman nunggu keadaan, gak bakal bisa jadi yang dia mau, kamu harus mendorong diri kamu biar gak ketinggalan sama orang lain. banyak yang lebih baik dr kamu, tapi gak ada yang sehebat diri kamu."

"Pemimpin itu banyak banget cobaannya, terutama dijamin nya dia masuk neraka kalo sampe anak buahnya hancur karena pemimpinnya." - Kak Aan (Mentor Rohis gue)

thanks God for my life, for my experience. this is my life. loud and proud.

No comments:

Post a Comment