Sunday, December 01, 2013

#MusaSharing : Pengalaman Bisnis dan Perdagangan (Part 1)

Selamat pagi...

happy weekend for all....

semoga Allah selalu memberkati dan memberikan rejeki untuk kita semua...

aamin...

kali ini gue mau share pengalaman hidup gue yang paling berharga, salah satunya pengalaman gue berkiprah  di dunia bisnis dan perdagangan *tsaahhh*

tahun 2008 menjadi awal mula gue tau banget yang namanya uang itu susah buat didapetin... tahun segitu artinya gue masih SMA kelas 1. dan gue ngerasa setiap gue nabung, duit gue makin banyak dan punya banyak duit itu enak banget, meskipun elo gak suka belanja, tapi kalo ngeliatin duit banyak di tabungan, suka senyum-senyum sendiri hehehehe... itu pas SMA hehehe....

sampe gue lulus SMA sekitar 2011, gue masih suka nabung dan bokap gue udah nyaranin kalo gue harus bisnis... iya bisnis.... dan disinilah berbagai pelajaran hidup gue dapetin....

kakak gue minat banget dibidang ekonomi terutama keuangan, kakak gue udah start main saham di bursa, dengan sekuritas resmi...

pandangan gue, wah keren juga ya, ternyata duit bisa jadi mainan begitu, tapi gue belom ada passion sama sekali, selain itu modal gue termasuk kelas rendah.... di bursa saham.

cerita Bapak gue sih katanya minimal kalo mau beli saham itu 50 juta, dan harus disekuritas yang bisa dipercaya...

pengalaman berdagang gue akhirnya jatuh pada perdagangan sepatu MACBETH original.
gue dapet link, ternyata harga asli Macbeth yang dipasaran atau di mall jauh lebih murah di link itu.

kenapa Macbeth? karena gue suka banget sama modelnya, dan waktu itu kesannya elo bisa jadi manusia paling keren kalo pake Macbeth Shoes. pertama kali gue beli Macbeth waktu Jakcloth. setelah itu gue merasa keren hehehe.

lanjut ke pengalaman. akhirnya gue memulai jualan dengan 1 lusin pasang sepatu Macbeth. awalnya gue masih mabok sama itungan gue, yang gue pikirin saat itu gimana cara dapetin keuntungan yang gede, target laba gue waktu itu sampe 100% untuk 1 pasang sepatu, alias kalo misalnya gue dapet sepatu 50% harga di mall, gue mau jualan harga mall tapi online... kira2 begitu.

disinilah gue dapet pelajaran tentang jual-beli barang... ternyata gue harus observasi dulu, membandingkan harga mall dengan daya beli masyarakat... ternyata ada sesuatu yang gak mungkin kalo misalnya gue ngejual sepatu dengan harga mall alias tinggi. kritik dan komentar negatif pun banyak yang datang dan menghujam, terutama untuk sektor harga jual gue.

komentar mereka waktu itu ada yang bilang "mas kok sama aja kayak yang di mall ya?" "wah masih kemahalan mas, mending saya beli di mall aja." dan begini "mendingan saya nunggu Jakcloth aja mas, diskonnya gede."

well, hal itu emang biasa terjadi di dunia perdagangan, price police dimana-mana. akhirnya komentar-komentar tersebut gue jadiin data buat itung2an gue. dan setelah gue menghitung dengan baik akhirnya keluarlah harga fix jual sepatu gue.

memang dalam menentukan harga harus ngitung trial and error nya, gue pun inget kata mario teguh kalo "Bisnis itu bukanlah laba besar dan rugi sedikit, bisnis itu harus dimulai dengan laba kecil namun bisa dikalikan sehingga tidak akan terasa rugi nya."

No comments:

Post a Comment