Sunday, December 01, 2013

#MusaSharing : Pengalaman Bisnis dan Perdagangan (Part 2)

dalam dunia bisnis elo harus punya ciri khas,

setelah gue menghitung dengan detail, akhirnya gue pasang harga jual gue di lapak Kaskus gue yang pertama, dan beberapa menit kemudian datanglah 2 sms pelanggan gue, dan harga jual fix gue ternyata bagus.

akhirnya gue bertransaksi dengan konsumen gue yang pertama dan kedua, di tamini square, disinilah gue dapet mengalaman hidup lagi, bertransaksi langsung atau COD artinya berinteraksi langsung dengan masyarakat luar, orang yang gak elo kenal, tapi akhirnya elo bisa akrab, dan kalo mereka merasa nyaman, mereka gak bakal pindah dari lapak elo.

well, quote tadi termasuk standar kalo di dunia bisnis hehehehe....

gue akuin dunia ini memang kejam, terutama dunia perdagangan ini, selain dalam menjual, elo harus bisa mengemas produk elo dengan baik.

entah kenapa Allah baik banget sama gue, memasukan gue di jurusan Humas, dimana banyak banget ilmu yang bisa gue pake dalam dunia bisnis ini...

gue berhasil ngejual 12 pasang sepatu dalam waktu 4 bulan, well untuk kelasnya Macbeth itu lebih cepet drpd di Mall yang ngejual 3 pasang dalam waktu 2 bulan.

gue yang tadinya suka dan bermimpi bisa pake sepatu Macbeth, jadi mabok sama itu brand, boks macbeth yang berjejer di kamar gue dulu emang bikin pusing hehehe...

kelar gue jualan sepatu, gue langsung mencoba di bidang lainnya, semuanya untuk kebaikkan hidup gue di masa depan juga.

berdagang itu pekerjaan yang baik, dan elo jangan malu kalo elo jadi pedagang, dan Berdagang itu adalah satu-satunya pekerjaan yang disebut sama Al-Qur'an. Rasulullah pun sudah berdagang dari kecil.

buat gue unsur yang terpenting dari berdagang itu jujur, ngomong apa daya aja.

dan terakhir untuk menutup posting ini, Ayah gue pernah ngejelasin sebuah poin penting dalam berbisnis, dan poin itu adalah SEDEKAH.

perkataan beliau seperti ini, "Coba deh bang, kamu jualan terus kamu masukin sedikit unsur sedekahnya, apa kek misalnya yang kamu bisa sedikit sedekahin buat pelanggan kamu, yang bisa membuat mereka nyaman, in sha Allah perhitungan kamu jadi tepat di tutup buku akhir bulan. karena Allah gak pernah ngebuat makhluknya susah, Allah selalu bersama orang yang berjalan di kebaikan."

Wasalamualaikum....

No comments:

Post a Comment