Saturday, March 22, 2014

#MusaSharing : Lucunya Jadi Pedagang

Well, selamat malam....

di malam yang sibuk ini,  gue mau menyempatkan diri untuk sharing lagi pengalaman gue dalam rangka berdagang...

meskipun skala nya masih kecil, ya sekitar Jepang (Tokyo) - Jakarta - Bandung, tapi bikin gue banyak banget belajar...

sebelum gue kecemplung di dunia ini (dagang) gue selalu diingatkan oleh Bapak gue untuk selalu fleksibel dalam menghadapi sikap calon pembeli dagangan kita...

gue mengkategorikan calon pembeli, versi gue sendiri hehehe...

1. Anak Kecil (sok kecil, sok bocah)
gue pernah dihubungi sama calon pembeli, dia ngaku kalo dia minat sama barang yang gue jual, dan dia ngebet banget deh, singkat cerita, dia pengen beli... setelah sms dan nelpon gue, harga barang yang gue jual udah fix dan gak bisa ditawar lagi, tapi orang tersebut ngaku kalo dia masih SMA, SMP atau sejenisnyalah... udah dia minta harga murah, terus barangnya minta di anterin pula, mending deket dari rumah gue, lah ini di ujung jakarta... tapi pada akhirnya transaksi pun berjalan lancar, meskipun gue kesel banget. hampir gue blacklist.
tipe pembeli dan calon pembeli yang kayak gitu emang udah banyak, dengan alasan mereka masih kecil bocah atau yang lainnya, mereka berharap dapet harga murah.

2. Ngebet banget sama barangnya
intinya sih calon pembeli yang kayak gini udah keliatan kok, gue pernah setiap hari di hubungin sama orang yang sama, karena dia ngebet banget sama barang yang gue jual, cuman sayangnya dia selalu ngeles. well, semoga yang kayak gini diberikan rejeki yang lancar oleh Allah, biar lancar juga pembeliannya hehehehe.

3. Normal
seperti biasa, pedagang pasti suka orang yang ngerti barang, ngerti harga dan ngerti kondisi. meskipun dia suka nawar yang diatas kenyamanan penjual, tapi biasanya mereka lebih punya sifat maklum dari pada jancuk nomer 1 itu.

well, kira-kira itu yang bisa gue sampein sedikit tentang pengalaman gue dagang, semoga rejeki selalu lancar dilimpahkan ALLAH SWT kepada kita. aamiin.

No comments:

Post a Comment