Monday, February 22, 2016

#MusaTravel: Japan Tour 2016 (Prologue)

Hi, good morning.

wish you have a nice day and god bless you in every time,
well, i just come back from my best tour that i've ever do before.

November 2015, semua berawal setelah gue selesai kuliah, yup, lulus dengan sangat memuaskan, lalu gue sempet memutuskan untuk sedikit beristirahat, menenangkan pikiran, tapi ya begitu, gue harus melakukan sesuatu.
sebenarnya pada bulan Agustus gue sudah mempersiapkan beberapa rencana untuk masa depan, salah satunya adalah kuliah di luar negeri, tapi gue masih hopeless dan belum menemukan potensi yang bisa gue kerjakan untuk kuliah di luar negeri.
lalu gue kembali untuk mengerjakan skripsi dan gue ingat akan pembicaraan gue dengan dua dosen pembimbing gue, kalo misalnya penelitian gue ini selesai, bisa diterbitkan ke jurnal nasional, bahkan mereka akan membantu untuk menerbitkan ini ke jurnal internasional.
gue mulai iseng mencoba mengubah penelitian gue secara outline ke bahasa inggris, lalu gue mencoba melihat potensi di universitas yang mau menerima penelitian gue, paling tidak secara pengakuan mereka bahwa penelitian gue ini layak untuk dilanjutkan ke jenjang berikutnya.
akhirnya terpilihlah Meiji University di Tokyo, Japan. ya gue memilih universitas ini karena satu paham sama gue, dan jurusan yang mereka tawarkan persis dengan penelitian yang gue buat, tapi pada saat itu syaratnya hanya satu hal.... gue harus lulus sarjana dulu. dan gue harus lulus tes N2 (JLPT).
karena gue nekat, akhirnya gue mencoba untuk menghubungi salah satu profesor di Meiji, dan mencoba untuk meyakinkan kalo gue layak untuk kuliah disana. well, the story goes on, tiga bulan gak ada jawaban, penelitian gue dalam bentuk skripsi pun selesai, dan mendapatkan kabar kalo salah satu dari profesor itu ingin "ngobrol" bersama untuk penelitian ini. akan tetapi gue harus mengikuti salah satu program summer course mereka pada bulan juli - agustus 2016, ya bisa gue pertimbangkan sih. tapi pada saat itu kebutuhan gue lagi besar, dan akhirnya gue harus memilih.

setelah hari kelulusan, gue pun punya impian untuk mengunjungi Jepang, mungkin bisa lah suatu hari nanti, sambil melihat kondisi keuangan, gue berusaha untuk mendapatkan surat rekomendasi yang disarankan dosen pembimbing gue. kata beliau, apapun yang terjadi, gue harus ke Jepang, ketemu sang profesor lalu yakinkan dia kalo gue layak disana.

akhirnya gue pun berbicara langsung dengan orang tua gue, dan mereka mengijinkan dan memberikan sponsor dalam perjalanan gue menuju Jepang. it was an awesome day.

Desember 2015, gue mulai merencanakan perjalanan, karena pertama kali ke Jepang, orang tua gue menyarankan untuk mengikuti paket tour yang ada saja, tapi setelah gue survei kemana-mana, gak ada paket tour di Jepang yang memuaskan hati gue, semuanya sama, dan menurut gue membosankan. gue juga punya impian untuk mengunjungi semua kota yang menjadi representasi dari AKB48 Group, mengunjungi teater mereka dari satu kota ke kota lainnya. melihat kondisi dan keadaan fans di Jepang. sesuailah sama penelitian yang gue buat selama ini.
akhirnya, gue memberanikan diri untuk mengatur perjalanan gue di Jepang sendiri. selama tujuh hari, tanpa biro travel satu pun. ternyata hal tersebut jadi lebih menyenangkan dan lebih efisien, terutama dalam hal biaya. dan bisa lebih bebas untuk mengunjungi tempat-tempat yang gue inginkan.

Januari 2016, Visa keberangkatan sudah selesai, sekarang tinggal mencari kebutuhan selama di Jepang, gue membeli Japan Rail Pass, lalu mempersiapkan pakaian, karena bulan Februari, cuaca jepang masih sangat dingin. dan gue gak lupa mempersiapkan draft penelitian gue.

Februari 2016, mendekati hari keberangkatan, gue mulai disibukan dengan persiapan kebutuhan, walaupun untuk tujuh hari, tapi lumayan banyak yang harus disiapkan, menjelang keberangkatan, gue menyewa wifi untuk komunikasi selama di Jepang. dan tanggal 14 Februari 2016, akhirnya gue bersama kakak gue berangkat ke Jepang, ya, kami mengatur semua sendiri. ternyata ada gunanya juga menonton acara-acara variety Jepang selama di Indonesia.

Oiya, Gue tidak menampilkan gambar di tulisan-tulisan berikutnya ya, kalo mau lihat foto-fotonya, bisa cek di instagram gue di "myusufmusa"

(Prologue end)

No comments:

Post a Comment