Saturday, April 23, 2016

#MusaTravel: Japan Tour 2016 (Nagoya Episode)

16/2 (Nagoya Episode start)

Keberangkatan gue ke Nagoya memang terbilang spesial, karena malam hari sebelum keberangakatan, gue janjian sama temen kosan gue yang lagi pertukaran pelajar di Nagoya. namanya Ikuk, dia juga salah satu narasumber buat skripsi gue. intinya gue janjian sama ikuk, jam 11 di Nagoya Station tempat shinkansen berhenti.
gue mulai terbiasa sama angkutan umum di Jepang, dimana hari sebelumnya gue masih nyasar karena letak peronnya yang membuat gue bingung, tapi sewaktu gue ke Nagoya, hari ke-3 di Jepang, gue udah mulai biasa.
tujuan gue ke Nagoya adalah Sunshine Sakae, Nagoya Castle, SKE48 Theater, sama JR Museum.
seperti hari sebelumnya, dari hotel gue jam delapan pagi udah berangkat menuju tokyo station, dimana hari itu dinginnya bukan main, suhu tokyo pada hari itu kayaknya gak lebih dari 9 derajat, heater pun jadi andalan disaat suhu sedang ekstrim seperti itu, well, setidaknya untuk orang Indonesia yang biasa suhu di atas 18 derajat, suhu di bawah 10 derajat emang bikin gemeteran hehehehe.
sampai Tokyo station ternyata gue mendapatkan jadwal keberangkatan yang jam setengah 10 pagi, ke nagoya. gue pun mengabari teman gue yang nantinya secara tidak langsung akan menjadi guide di nagoya, tapi seperti biasa dia belum bangun, "wah curiga gue ini anak time management nya kayak di Jatinangor..."
lalu berangkatlah kami menuju Nagoya, gue juga excited sama perjalanan ini, karena ternyata selama perjalanan gue ngeliat pemandangan yang gak pernah gue liat sebelumnya, dan ya gunung Fuji jadi pemandangan utama perjalanan ke Nagoya.
sesampainya di Nagoya, gue menunggu teman gue itu di JR Station, karena suhu Nagoya ternyata lebih dingin dari Tokyo, akhirnya gue memutuskan untuk ngopi dulu di kafe dekat JR station. sejujurnya gue sangat suka Jepang karena akses transportasinya nomor satu di dunia, pelayanannya juga sangat memuaskan.
setelah suhu sudah mulai (sedikit) naik, gue mulai melanjuti perjalanan ke  Sakae. well, Sakae ini persis kayak Namba, dimana menjadi pusat kota dari Osaka. nah, Sakae ini adalah pusat kota dari Nagoya. mengunjungi AKB48 Group Theaters adalah hal wajib dalam tour ini, makanya gue langsung mengagendakan kunjungan teater ke semua kota yang gue kunjungi.
perjalanan dari JR station ke Sunshine Sakae sangat cepat, letaknya juga tidak jauh dari JR station. sesampainya di Sakae Station, gue langsung menuju Sunshine Sakae, yang di dalamnya terdapat Teater SKE48. tapi gue belum mau masuk ke teater dulu, karena gue mau keliling Nagoya. untungnya temen gue datang cepat, jadi sedikit tour gue lakukan di Nagoya, bersama teman gue, gue mengunjungi Nagoya castle. ternyata bentuknya lebih keren dari yang selama ini hanya gue bayangkan.
lalu karena kami kelaparan, gue bilang ke Ikuk kalo gue mau makan makanan yang Jepang banget, tapi karena kemampuan baca hiragana-katakana-kanji gue terbatas, itulah fungsi Ikuk disini hehehe, dan pada akhirnya kita berhasil makan Omurice alias Omellete rice, di sebuah kedai bernama "Watashi no Tamago" dan enak parah, kapan-kapan kalo balik ke Nagoya, gue mau makan Omurice disana lagi.
setelah mengisi perut, gue langsung ke Sunshine Sakae, lagi, melihat bentuk asli teater SKE48. ternyata persis seperti Teater 48Group pada umumnya, namun karena kedatangan gue masih termasuk siang sekitar jam 2, jadi gue gak bisa masuk ke dalam. tapi yang asik, ada SKE48 Shop nya yang terletak disebelah teater.
setelah puas melihat-lihat, akhirnya gue balik ke Nagoya station dengan tujuan ke JR Museum, dimana sejarah Jepang dalam membangun Railway mereka. gue juga pengen ngeliat SCMAGLEV kereta paling cepet di Jepang, yang kecepatannya sampai 600 km/h, yang unik dari kejadian mencari jalan ke JR museum adalah kereta yang digunakan untuk langsung menuju ke sana menunggu penumpang yang mau naik, karena kereta tersebut berhenti, gue pun melihat informasi mengenai museum tersebut, ternyata gue baru sadar kalo hari itu adalah hari selasa dan SEMUA MUSEUM DI JEPANG, TUTUP PADA HARI SELASA. untungnya kereta tersebut belum jalan, jadi kami semua langsung keluar kereta dan tertawa karena gue gak ngecek info hehehehe.
akhirnya kami membatalkan kunjungan ke JR Museum dan memutuskan balik ke Tokyo setelah puas sekali jalan-jalan di Nagoya. Sesampainnya di Tokyo, gue langsung istirahat untuk berangkat menuju kota utama dalam tour ini.... Niigata.